Monday, February 27, 2012

[UtakAtik] Resolusi Gambar

Dari kemarin, ada sesuatu yang mengganggu kepala. Tentang resolusi gambar.
Begini ceritanya..(siapkan snack dan minuman ringan)

Dalam rangka penerbitan buku indie punya teman di nulisbuku, rupanya banyak item yang perlu diunggah. Di antaranya cover thumbnail. Nah, di sini masalah mulai timbul. 
Cover yang sudah ada memiliki resolusi 300dpi, sementara permintaan dari nulisbuku mesti 150dpi. Setelah membongkar google, tak ada satu pun petunjuk berarti yang saya temukan. Saya jadi galaauuuu...
Pulang ke rumah, ubek-ubek Ubuntu dan isinya, yakni GIMP dan open drawing, gak ketemu juga caranya. Yo wes..perjuangan masih tak akan berhenti.
Siang, di kantor, saya mulai mengotak-atik lagi. Semua perangkat lunak grafis yang ada saya coba. Dan, taaaaaraaaaa, ketemu di Nero Photo Snap Essentials bagian edit--> resize. Yattaa, ada di image resolutionnya. Senangnya..Alhamdulillah.

tampilan Nero Photo Snap Essentials

Cover thumbnail sudah ketemu, maka sekarang tinggal editing terakhir dan pengunggahan.  
Dan juga, setelah nanti terbit, dibeli ya bukunya...Buku Kumpulan Puisi dari dua teman saya *promo terselubung

21 comments:

  1. hm... saya mau juga nerbitin puisi ah :-)

    ReplyDelete
  2. makin bnyk empeer yang nerbitin buku ya :)
    selamat2

    ReplyDelete
  3. Kalo yg ini bukan bukuku, El. Buku temen, aku cuman jadi publshernya..

    ReplyDelete
  4. duhh..makin bnyk aja lahanmu mbk pi..
    gak cma penulis publisher juga,
    mau dong jdi karyawnnya juga :D

    ReplyDelete
  5. hihi jadi pengen bikin buku....
    ntar bikinin cover nya, yaa

    ReplyDelete
  6. aku juga utak atik resolusi belum beres2 juga mbak :)

    ReplyDelete
  7. hihihi..aku belajar jadi publisher buku orang, nanti baru publisher bukuku sendiri :)

    ReplyDelete
  8. Covernya bukan ak yg bikin dyas..temen, gratis!

    ReplyDelete
  9. perbedaan resolusi berpengaruh pada hasil cetakan. Kalo besar, buat nyetak spanduk jadi jelas.

    ReplyDelete
  10. Ini masih yang dasar2 kak, jadi untuk pemula seperti saya masih bisalah.

    ReplyDelete
  11. Ajarinnnn :)

    Wah ajdi inget beberapa kerjaan yang terhenti :( hiks

    ReplyDelete
  12. Tuh, kan udah ada gambarnya, dipelototin aj NazB-)

    ReplyDelete
  13. Jiaaaahhh.... Nggak pernah ngerti dengan segala macam istilah resolusi dan sebagainya...:)

    ReplyDelete
  14. perjuangn hebat editor...my hero...B)

    ReplyDelete