Wednesday, February 29, 2012

[Buku Baru] SEGERA TERBIT : Julak Acai & Suster Maria




Title : Julak Acai & Suster Maria– sebuah kumpulan tulisan untuk 115 tahun Balikpapan

Year : 2012

Author : Penulis Balikpapan

Editor : Arif Er Rachman (Tribun Kaltim)

Category : Kumpulan Cerpen, Puisi, dan Esai

Thickness : 219 halaman – soft cover

Kata Pengantar Editor buku Julak Acai & Suster Maria :
Mengabadikan Hal yang Kelak Sirna

Arif Er Rachman

SETIAP orang memiliki kota tempat menambatkan kenangannya masing-masing. Kalau kota itu bernama Balikpapan, maka sebagian kenangan itu adalah kisah-kisah yang terdapat dalam buku kumpulan tulisan (cerpen, puisi, dan esai) ini.

Kenangan-kenangan itu bisa berupa senja di sebuh pantai, malam gemerlap di sebuah pub, romansa singkat di sebuah kamar, peristiwa masa kecil, urban legend, sudut-sudut kota yang punya arti tersendiri, dan tentu saja seseorang. Selalu ada seseorang dalam kenangan seseorang.

Mengapa kenangan menjadi begitu penting untuk diceritakan?

Tiap orang punya jawaban masing-masing. Namun yang jelas kenangan adalah soal keberadaan: kita pernah berada di suatu tempat pada suatu waktu. Dan itu menjadi penting karena kita tidak akan pernah tahu apakah kita tetap ada pada masa datang

Memang pada gilirannya semua akan sirna: peristiwa pasti berakhir dan manusia pasti lenyap. Namun dalam kenangan seseorang, peristiwa akan bisa terus berlangsung dan manusia akan tetap hidup. Begitulah, kenangan mengabadikan segala hal yang kelak sirna.

Begitu pula tulisan-tulisan yang terdapat buku yang terdiri dari 20 puisi, 14 cerpen, dan 5 esai tentang Balikpapan ini. Angka-angka tersebut tidak mengacu pada sesuatu yang khusus, karena memang sejumlah itulah karya yang menurut editor layak dimuat dalam buku perdana terbitan Nulis Buku Club Balikpapan ini.

Buku ini merupakan kumpulan karya, bukan kumpulan penulis. Juga bukan kumpulan partisipasi. Hingga tulisan ini dibuat, editor tidak mengetahui 39 karya itu ditulis oleh berapa orang dan oleh siapa saja. Editor juga tidak mengetahui karya-karya siapa saja yang dengan berat hati harus disingkirkan mengingat editor menyadari sepenuhnya ada waktu dan tenaga yang telah terbuang untuk menulis karya-karya tersebut. Untuk itu editor mengucapkan banyak terima kasih.
---------------------
Proyek menulis amal dalam rangka HUT Kota Balikpapan ke-115 hampir rampung. Buku dalam proses draft dipercetakan dan dijadwalkan akan terbit segera. Pre-order kami buka mulai hari ini sampai tanggal 12 Maret 2012. Pemesanan kirim nama, alamat lengkap, nomor telpon ke email : order.nbcBpp@gmail.com, dengan subjek email : order Julak Acai.

Acara launching buku dijadwalkan akan diadakan pada tanggal 31 Maret 2012. Info lanjut mengenai acara launching akan segara menyusul.


-----------------------------------------------
Masih ingat beberapa minggu lalu saya berkasak-kusuk tentang Balikpapan, inilah jadinya. Sebuah buku tentang Balikpapan. Bagi yang mau preorder, silakan email ke alamat email di atas ya...

8 comments: