Wednesday, September 7, 2011

MaPaLa

Baca, Mahasiswa Paling Lama.

2004, teman-teman jurusan Matematika sudah banyak yang lulus.
Sementara kami, Fisika angkatan 2000 baru seorang sodara-sodara , yap cuman 1 orang, itupun anak paling pintar di Fisika 2000. Maklum juga, wong mereka gak perlu ke lab ato experimen untuk skripsi, sementara jurusan MIPA yang lain itu adalah kewajiban sebab dosen pasti memberikan judul skripsi yang ada bagian lab-laban.
Tapi, yang anehnya, anak-anak angkatan saya ini seperti kompakan, pada malas cepat- selesai. Sementara saya, di akhir 2004 itu sudah mengambil seminar proposal, bertepatan dengan bulan Ramadhan. Dan, sepertinya jadi sarjana bakal sebentar lagi.
Tapi, apa daya. Karena bukan rejeki, maka skripsi saya tak kunjung rampung hingga pertengahan 2005. Sedang, teman-teman seangkatan sudah banyak yang mau wisuda. Alamat bakal mencatatkan diri sebagai mapala terbayang-bayang , seperti kakak saya yang betah selama 7 tahun sebagai mahasiswa. Rasa malu kalau ke kampus dan bertemu kawan sudah sedikit menggerogoti, saya jadi rendah diri:-(.
Skripsi siy sebenarnya tidak susah-susah amat. Tapi, tahun 2005 itu mungkin adalah tahun terberat bagi saya, karena adanya masalah keluarga yang membuat saya tak bisa berpikir dan belajar dengan tenang:-(. Selain itu juga, mungkin karena dosen pembimbing yang maunya banyak banget. Saya kewalahan jadinya. Permintaannya yang awal - awal saya turuti, membuat skripsi ini sepertinya melebar ke mana2. Saya pun "menghilang" dari kampus dan pembimbing saya untuk beberapa bulan. Mencari ilham dan jalan keluar terbaik *eaaaB-).
Ujruk-ujruk di bulan agustus, saya kembali. Berharap bisa wisuda September. Mupeng liat temen -temen yang beneran mau wisuda September. Namun, karena banyaknya aturan baru, saya menyerah.
It's impossible. Karena kelamaan hiatus, saya ketinggalan banyak info gress kampus.
Soal skripsi, saya sudah ketemu solusinya. Daripada mengikuti si pembimbing, saya memilih untuk "memaksa" pembimbing saya buat mengikuti skripsi buatan saya. Dengan politik kalasi yang sudah mendarah daging di kampus merah, akhirnya sukses:-P.
September tak bisa, masih ada desember. Ramadhan 2005 saya lalu seminar hasil. Dan 31 desember 2005, resmi jadi sarjana. Alhamdulillah!
(5 tahun 3 bulan, mapala gak ya? Hehe)

*believe or not, rata2 anak bimbingan pembimbing saya itu menyelesaikan studi 5 tahun lebih..B-)
*

20 comments:

  1. masih dalam batas kewajaran kok 5 tahun,,,,hehehehe

    ReplyDelete
  2. Wajar ya?
    Mapala itu sering terucap waktu "mengejek" orang, eh malah kejadian ma aku.

    ReplyDelete
  3. saya juga 5 tahun lebih. skrng sudah masuk semester 11.. hehe

    *merasa tua sekali :P

    ReplyDelete
  4. Kedokteran ji, wajar. Adekku angk 02, lulus dr thun 2010, 8 thun.

    ReplyDelete
  5. masih wajar ji itu Pi. temanteman di kampus juga ratarata selesai 5 tahunan.

    sy jg masuk mi kelompok mapala. masuk tahun ke-4, padahal normalnya setahun kemaren sdh selesai. sy malah ga tau sekarang sy semester berapa yak? :))

    ReplyDelete
  6. waaaww.. 8 tahun.hehe.. di fk mana adik ta kak? unhas juga??

    sapa namanya? sapa tau sy kenal.hehe

    ReplyDelete
  7. kalo FKG memang lama kak. kakakku saja angkatan 2003, baru selesai tahun ini. 8 tahun juga.. hehee... FKG unhas memang bgitu ^__^

    ReplyDelete
  8. wow lama ya. adikku angk 2005 selesai tahun ini. berarti termasuk cepat dia yak?

    ReplyDelete
  9. Senangnya yang bsa s2.
    Ada juga beasiswa kntor ini, tp dijawa lg.
    Insya Allah, nanti pi sekolah lg.

    ReplyDelete
  10. tapi tertundatunda jd timbul tenggelam semangat Pi.

    kalo ada kesempatan digunakan saja Pi, manatau berjodoh.

    ReplyDelete
  11. kalo 2005 ke atas cepatmi kak.. sudah KBK mi. ada malah, angkatan 2006, FKG teman KKN ku sudah dokter mi bulan 6 ini. tidak sampai 5 tahun. hehehe..

    ReplyDelete
  12. Unhas masih suka tahan2 mahasiswa kah?

    ReplyDelete
  13. oooo..... aya angkatan berapa kah? fkg juga?

    ReplyDelete