Tuesday, June 5, 2012

Tisu Segitiga Penyelamat

Dua orang lelaki memasuki pete-pete. Salah satunya memegang rokok. Segera aku mengarahkan tangan ke salah saku bajuku. Saatnya mengeluarkan senjata andalan, tisu. Kulipat tisu itu menjadi bentuk segitiga dan segera kututup hidungku. Legaaahhh. Hidung yang lumayan nyeri sejak tadi pagi tak siap jika harus kusiksa lagi dengan asap rokok. 

Beberapa kali caraku ini cukup menyentil para perokok yang seenaknya saja membagi-bagi asap maut-nya ke orang lain di dalam angkutan umum.

tisu dilipat segitiga, siap jadi senjata

Namun, kebanyakan malah "gak ngefek". Bahkan, teman saya pernah menegur saya, " Pia, tersinggung orang ko kasi begitu." Yaaaahhh, gimana ya, wong dia juga gak toleran sama orang lain dengan asapnya, kenapa saya mesti yang mengerti. Udara bersih adalah hak semua orang!!

Untuk sekarang, tisu selalu kukantongi buat jaga-jaga kejadian macam ini. 

Sebenarnya ada cara yang lebih ekstrim lagi, yaitu pakai masker.

masker yang biasa dipakai di RS, cocok buat asap pekat, hehe

Yang dulu sering kupakai saat naik kendaraan umum di ibukota. Masalahnya, kalau memakainya di Kendari buat naik pete-pete, maka dapat dipastikan itu akan jadi tontonan umum (alias sukses diliatin aneh sama orang-orang).

26 comments:

  1. klo saya dulu ngnkot gitu mah tegor aja

    ReplyDelete
  2. buatku nda ngaruh pake tisu Pi. Tetap ji kecium asapx. pake tangan kibas2 trus tutup idung. klo saking keselx sambil ngelirik k perokokx. ah sayang blm berani bilang terang2an.

    ReplyDelete
  3. bilang gini " HE MAS/PAK/OM/PAK ASAPNYA DITELEN DONG JANGAN DI BUANG KE SINI"

    ReplyDelete
  4. sekarang, sudah bukan barang aneh kok pake masker sambil jalan2 :)

    ReplyDelete
  5. klo disini mah udah biasa maskeran
    masker khan dijual bebas distasiun-stasiun
    tiap hari ketemu banyak orang maskeran

    ReplyDelete
  6. Maunya sih bilang gitu dgn mimik jutek mata mendelik2 ala sinetron. Tapi eh tapi ga tega nyemprot seperti itu d tengah2 orang banyak.

    ReplyDelete
  7. kadang saya batuk-batuk-in biar ngerasa tu orang, sambil melotot ke arahnya :-p

    ReplyDelete
  8. ahahha, ngebayangin oran gbatuk2 sambil melotot gimana caranya ya ??

    ReplyDelete
  9. setidaknya adaji yang saring walao sedikit, Ya.

    ReplyDelete
  10. iya, kak. Di jakarta dulu juga saya begitu, maskeran. Koleksi maskerku banyak, beli di apotek rumah sakit, hehe.

    ReplyDelete
  11. pernah ngelakuin minus melototnya. Belum ngefek ;(

    ReplyDelete
  12. "Pia, tersinggung orang ko kasi begitu."

    aneh ya
    :((

    yang bener jadi salah
    yang salah jadi bener
    sungguh

    ReplyDelete
  13. kalo aku kipas2in tangan ampe lama gitu plus batuk2.. hahaha
    biar liat..

    ReplyDelete
  14. rokoknya jangan dihisap donk, tapi dikunyah :)

    ReplyDelete
  15. kalo aku batuk keliatan banget "aktingnya"..hehehe

    ReplyDelete