Tuesday, June 19, 2012

"Pecah Bisul" di Indonesia Open 2012

Ahad kemarin gelaran Final Indonesia Open Super Series 2012 dilangsungkan. Lima partai, dengan dua finalis tuan rumah. Indonesia kebagian nomor Tunggal Putra dan Ganda Campuran. Sayang, hanya satu gelar yang bisa direbut, yakni Simon Santoso yang mengalahkan pemain Cina, Du Peng Yu.

Meski cuma satu gelar, namun ini sudah menandakan peristiwa "pecah bisul" di even bergengsi ini. Indonesia telah cukup lama puasa gelar semenjak 2008. Gelar Simon juga yang pertama buatnya setelah lama tak menggenggam medali atau piala.

Turnamen ini menghasilkan banyak kejutan. Unggulan seperti Chen Long, Chen Jin, Wang Xing, Peter Gade tumbang di babak-babak awal. 

Indonesia Open tahun ini juga menuai pujian dari BWF, organisasinya bulutangkis dunia. Penyelenggaraannya dinilai yang terbaik, bahkan dibanding All England. Hanya saja kapasitas dan luas Istora yang dipandang kurang besar.  

Hasil pertandingan yang menyajikan berbagai kejutan rupanya memicu banyak negara yang akan ikut dalam Olimpiade Juli mendatang menjadi lebih mawas diri dan melakukan evaluasi lebih. Seperti Cina yang gagal dalam nomor tunggal putra dan putri, serta ganda campuran, dan hanya mampu membawa gelar ganda putri. Indonesia yang mengandalkan pasangan Butet-Owi juga mesti mempersiapkan pasangan ini lebih matang setelah kalah di Final dari pasangan Thailand, Sudket-Saralee. Malaysia yang tanpa gelar, serta Korea yang hanya meraih nomor ganda putra. Ini juga yang membuat turnamen setelahnya, Singapore Open (yang kini tengah berjalan) menjadi sepi pemain bintang.

Indonesia Open 2012 ini juga mulai membangkitkan gairah perbulutangkisan yang sudah lama lesu. Wajah-wajah muda dan baru mulai muncul, meski tak sampai ke partai puncak.  

SEMANGAT BUAT BULUTANGKIS TANAH AIR,
DI OLIMPIADE LONDON KITA BISA!!



21 comments:

  1. postingan telaaaat. Yang penting tayang juga.
    SEMANGAT NGEBLOG!!

    ReplyDelete
  2. smangaaat! terima kasih untuk liputannya ^^

    ;d

    ReplyDelete
  3. semangatt!!!
    tapi butet tetep kerren

    ReplyDelete
  4. Kemaren itu ada yang sedang main ga taunya ga bisa bangkit lagi, trus dibawa pake kursi roda. Siapa itu ya nama pemain kita, lupa namanya. Kasihan liatnya....

    ReplyDelete
  5. hayyyyaaahh, ga bisa diarepin mah kalo ganda putranya, melempem.

    ReplyDelete
  6. Adriyanti Firdasari. Masih pemulihan sampai sekarang. The only woman single from Indonesia in Olympic.

    ReplyDelete
  7. Yup...
    Semoga beliau lekas sembuh

    ReplyDelete
  8. pengen balik ke jaman dulu dimana kita bawa pulang semua piala.. ...

    ReplyDelete
  9. Bulutangkis sudah tak dominan satu dua negara lagi, udah menyebar.

    ReplyDelete
  10. sudah lama tak menonton bulu tangkis. mungkin efek indonesia gagal mulu. :)
    moga2 kejayaan simon akan berlanjut hingga olimpiade
    :)

    ReplyDelete