Monday, December 26, 2011

[Narsisku Bahagiamu] Pedagang "Kecil" dari Pasar Kota

Sebenarnya dia sudah mau saya angkat dalam lomba yang lalu , namun rupanya belum berjodoh.

Tema lomba tentang pedagang kecil rupanya lebih cocok dengan dirinya, selain karena ukuran tubuhnya. Perkenalkan, "Seni", pedagang sayur "kecil" di Pasar Kota, Kendari.
 
Seni, Menghitung Uang Jualan

Perkenalan kami sudah semenjak saya pertama kali bolak-balik  Purirano (kantor) dan Pasar Kota  , melintasi jalur angkot di kota Kendari.

Seni, anak kelas 5 SD, berjualan sayur di lokasi yang sangat strategis. Tempat itu berada di jejeran depan, bersebelahan dengan jalan umum, jalur angkot Purirano memutar. Bisa dipastikan jumlah pembeli yang mondar-mandir di situ sangat banyak, salah satunya saya.

Semenjak bulan April tahun ini, saya sering bertemu Seni. Di bawah payung lebar warna warni, menjajakan aneka sayur mayur. Favorit saya, Bayam Auri (mirip nama angkatan bersenjata kita, hehe), jenis bayam yang tumbuh secara liar, tanpa pupuk, perawatan minimal. Favorit Mama juga.

"Siapa namamu?" tanya saya. Ini kali pertama saya berdialog aktif dengannya, biasanya cuma " Ada Bayam Auri?" . Di pasar, dialog sok akrab kayak begini amat jarang, kecuali sudah kenal lama. Saya menghindari banyak tanya, situasi yang kurang kondusif di tengah pasar yang ramai, jadi maaf pemirsa kalo sesi wawancara terlihat minim. 

"Seni. Namaku Seni." Situasi bisa cepat cair, mengingat saya adalah langganannya. "Dari sejak kapan ko jualan?", saya penasaran dengan awal karirnya. "Kelas dua.", jadi sejak umur 7 atau 8 tahun anak ini berpanas-panas di luar demi membantu orangtuanya. "Kelas berapa ko sekarang?", "Kelas lima." Rupanya profesi ini telah dijalaninya selama kurang lebih selama tiga hingga empat tahun. 

Selain Seni, ada anak lain, Herni, kakaknya Seni. Namun, di banding Seni, Herni jarang saya temui. Beberapa kali saya saya bertemu Ibu dari Seni dan Herni.  Mereka bertukar jadwal  di waktu siang, karena Seni bersekolah di pagi hari.  

Seni dan Herni

Setelah wawancara singkat, saya pun meminta Seni untuk memotret saya, masih dengan seragam lengkap dan tas ransel (saya tak bisa melepaskannya, rawan!), pose seadanya demi kelengkapan syarat lomba.

"Pak/Bu, kembang pepayanya..2000 saja!"

Mengambil gambar di tengah pasar begini, perasaan malu saya simpan di dalam tas saja, karena menarik perhatian banyak orang

Pasar ini bukan pasar permanen, masih berupa petak-petak yang bisa dibongkar kapan saja. Pasar Kota  rencananya akan diberi sentuham modern, di sebelah lokasi ini sudah berlangsung pembangunan gedung pasar yang baru.  Kalau sudah jadi, saya tidak tahu apakah Seni dan Ibunya masih bisa berdagang di sini, mengingat kebijakan soal perpasaran di Kendari agak keras akhir-akhir ini. Mungkin saja, lapak seperti ini akan digusur. 

Namun, satu yang menjadi renungan saya. Anak seperti Seni sudah banting tulang mencari uang, tetap semangat, walau usianya masih kecil. Bukan dengan minta-minta atau mengemis di jalan.


Proses Transaksi

Lapak Tempat Seni Berjualan

*Tulisan ini demi ikut lomba yang ini

28 comments:

  1. masyaallah... Seni punya seni usaha yg bagus :)
    ngomong-ngomong.. jepretan Seni oke juga...

    ReplyDelete
  2. *liat poto terakhir langsung berbinar2 liat tomat, inget bupres Ari*

    ReplyDelete
  3. @fajar, yo i, emang keren.
    @vera, mgkn beberapa thn lg udah jadi pedagang sukses.
    Fotonya, eh, mgkn gara2 modelnya #eaaa

    ReplyDelete
  4. oh, jadi Seni bantuin berjualan dari siang sampe' sore ya Pia ?
    anak yg berbakti ....

    ReplyDelete
  5. @mb shant, bupres seneng tomat?
    Iya mb, anak teladan lah.

    ReplyDelete
  6. @mb shant, bupres seneng tomat?
    Iya mb, anak teladan lah.

    ReplyDelete
  7. di pasar sini siy udah agak murah, 11rb-an
    entah di pasar minggu sana :)

    ReplyDelete
  8. Vera, belum ngecek lg. Entar deh, ak tanyain, qeqe.

    ReplyDelete
  9. Vera, belum ngecek lg. Entar deh, ak tanyain, qeqe.

    ReplyDelete
  10. di sini cabe 50 rebu... T___T
    mahal lagi, mahal lagi...

    ReplyDelete
  11. lagi mau tahun baru... makanya jadi naik harga2nya....

    semoga dagangan seni laris manis

    ReplyDelete
  12. Ibunya seni keren kasih nama... Itu fotonya mah bukan foto jualan, tp foto narsis.. Diskualipanci!! *tiba2 kangen kata ini*

    ReplyDelete
  13. Namanya jg lomba narsis.
    Kalo lomba laen, saya mah ga mau tampil, saya pemalu B-).
    Mudah2n lolos, ga didis.kuali.panci.
    *menunggu bujur

    ReplyDelete
  14. Makasih ya Pia atas keikutsertaannya! Lolos!

    ReplyDelete
  15. o tantaaaaaaaaaaaaaaa....
    sehae kambulumu ituuuu???

    ReplyDelete
  16. ahirnya bisa liat wajahmi juga mbk pi :)

    ReplyDelete
  17. @wa raya, Raa riwu kunee ana.
    @ely, simpen aja fotoku. Selesai lomba, mau diedit, qeqe.

    ReplyDelete
  18. ya ampuuuuunnn kenapa sa bisa kelewatan liat postingan ini
    baru ngeh penampakan Pia dari dekat

    semoga menang yaaaaaaaa

    ReplyDelete
  19. hehe...trimakasih na kak^^. Sama2 juga, semoga menang juga. Mau tambah juga deh buat lomba ini.

    ReplyDelete