Tuesday, January 20, 2009

Duku apa langsat??

"Ini duku, pia, kalo yang asam itu langsat!" tegas temanku. "Tapi, kalau di kampung itu namanya langsat. Buah yang lazim di sana." aku bersikeras. Yah, kalau di kampungku buah coklat kecil yang rasanya manis dan asam itu disebut langsat, kalau duku saya tak tahu, tak pernah makan satu sebutirpun.
Tapi, setelah "mengobrak-abrik" mbah google dan wikipedia, kini saya tahu kalau duku dan langsat itu adalah buah yang sama, hehe,
Umumnya buah ini terbagi atas 2 varietas, berdasarkan pembagian para ahli, duku dan langsat. Perbedaannya terlihat dari pohon, kalau pohon duku bertajuk besar dan berdaun hijau cerah, sedangkan langsat lebih kurus dan berdaun hijau tua. Sedang dari segi buah, duku berkulit tebal dan tidak bergetah, dan langsat berkulit tipis dan bergetah. Namun, keduanya tetaplah duku aka Lansium domesticum.
Dari berbagai daerah di Indonesia, penyebutan buah ini sebagian besar adalah langsat. Hanya di daerah Jawa dan sebagian Sumatera saja yang mengenalnya sebagai duku. Baik untuk varietas yang duku maupun langsat, karena memang sepintas tak ada bedanya. Sedangkan di luar negeri, buah ini dikenal sebagai langseh (Malaysia), lanzones (Filipina), lansad (Thailand).
Jadi, duku apa langsat? sama aja, 

8 comments:

  1. kulitq kuning langsat....ya ingat buah langsat dewh...
    buah duku lain agy.....buahnya kecil, berkulit keras drpd langsat, berbiji keras warna coklat dan rasa daging buahnya muanisss. Makanya datang ke Samarinda kalo mau tau....tp pas musim buah langsat ma duku

    ReplyDelete
  2. Hahahahaha....jadi ingat kebiasaan makan langsat...
    Dipilih yg mulus2 dulu...tapi ternyata semuanya disikat juga, yg mulus, yg bonyok...habis!!!

    ReplyDelete
  3. hahaha, ko nda bisa tidur mikirin ini pia?
    di kendari kita kenal cuma langsat, mo manis, mo kecut, tetap namanya langsat. kalo disini duku itu manis, langsat itu kecut.

    ReplyDelete
  4. berarti saya manis langsat dong...kan manis :D twink..twink

    ReplyDelete
  5. percaya deh mba oya..kuning langsat..
    jadi disana ada duku dan langsat!!..:), kalo dikampung adanya langsat ajah..
    kapan2 kesana deh, kalo ada rejeki.

    ReplyDelete
  6. iye...kalo terlambat, dapat yang rusak2mi kasian...:(

    ReplyDelete
  7. sa bisa ji tidur, sa tidur hanya kalo banyak nyamuk ada telpon iseng..:)
    iye..iye..sa tau mi bedanya disini...

    ReplyDelete
  8. salah..manis duku maunya..duku manis, langsat asem..xixixixi

    ReplyDelete