Tuesday, March 17, 2009

Air Ajaib

"Air dari Ponari, yang dicelupin sama die, setelah diteliti katanya mengandung kristal, nah kristal itu sebenernya yang nyembuhin.." ujar seorang bapak kepada bapak lain di sebelahnya, di sebuah ruang tunggu. Karena tertarik, sayapun langsung mencari asal berita ini, dan benar ternyata.
Dari okezone.com, hasil ujicoba air celupan Ponari mengandung kristal Hidrogen berukuran 1.7 - 1.8 mikron dibandingkan dengan air biasa. Apakah kristal-kristal tersebut yang menjadi faktor penyembuh, masih perlu penelitian lanjutan.
Air dan kristal serta terapi penyembuhan sendiri bukanlah hal yang baru. Air yang dicelupkan kristal dipercaya bisa membantu penyembuhan seseorang. Batu kristal yang digunakan merupakam batuan yang berasal dari unsur-unsur (kimia) yang terbentuk ribuan tahun lalu. Berbeda dengan batu Ponari yang bukan berupa kristal, asal kristal dalam air celupan tersebut masih dipertanyakan. Pihak-pihak yang skeptis dengan pengobatan ala Ponari menyebut bahwa penemuan kristal dalam air celupan tersebut adalah hal yang lumrah, setelah melalui observasi terhadap pasien-pasien yang mengklaim mendapatkan penyembuhan dari Ponari , "Ya jelaslah. Wong airnya sudah tidak steril. Ini sama saja dengan membandingkan air kobokan antara sebelum dan sesudah dipakai" ungkap Kabid Yankes Dinkes Jatim, dr. Herlin Ferliana (Jawa Pos, 5 Maret 2009).

*****hasil hobi di  waiting room..^_^ ******

2 comments: